HR Consulting

iSDM Consulting memfasilitasi framework, sistem, action-plan atau alat bantu strategis bagi klien kami untuk mendefinisikan dan menciptakan solusi yang unik dan customized sesuai organisasi mereka. Kami mengusulkan metodologi yang valid dan handal untuk mencapai tujuan klien.

Arsitektur Kompetensi yang terdefinisi dengan baik memungkinkan organisasi mencapai tujuan strategisnya, menciptakan kepuasan kerja yang lebih tinggi dan mengurangi tingkat turn-over karyawan. Ini adalah solusi yang dibutuhkan oleh setiap organisasi sebagai alat dorong untuk menciptakan inisiatif program Sumber Daya Manusia yang obyektif, transparan, terdefinisi dengan baik dan diterapkan secara konsisten.

Penelitian yang dilakukan pada dampak talent management secara konsisten mengungkap manfaat yang besar di beberapa area krusial: pendapatan, kepuasan pelanggan, kualitas, produktivitas, biaya, waktu siklus, dan kapitalisasi pasar. Pola pikir dari pendekatan sumber daya manusia yang lebih pribadi ini tidak hanya berusaha untuk merekrut karyawan yang paling berkualitas dan berharga, tetapi juga untuk memberikan nilai tambah pada existing karyawan melalui perencanaan karir yang cermat dan pengembangan kompetensi yang sistematis.

Manajemen stratejik suksesi SDM suatu organisasi menuntut pihak manajemen untuk mengidentifikasi secara serius resiko kehilangan personel yang berharga pada posisi yang kritis. Manajemen suksesi bertujuan untuk menangani resiko-resiko tersebut serta untuk memastikan operasi bisnis tetap berkelanjutan, mengembangkan dan mempertahankan talent pool, dan untuk mengkonfigurasi masa depan organisasi.

KPI memungkinkan organisasi untuk menentukan dan mengukur kemajuan menuju tujuan strategisnya. KPI merupakan pengukuran terukur yang mencerminkan Faktor Keberhasilan Kritis suatu organisasi. Entitas bisnis yang gagal untuk menyusun dan menetapkan KPI berarti berencana untuk gagal sebagai entitas bisnis.

Model Goal-Setting OKRs terbukti sangat powerful mengingat daftar perusahaan yang menggunakannya: Intel, Adobe, Google, Linkedin, dan Netflix. Organisasi-organisasi ini menikmati manfaat OKRs dalam mengubah organisasi mereka menjadi organisasi komersial paling sukses di dunia melalui fokus yang lebih baik, penyelarasan berbagai tujuan secara internal, meningkatkan komitmen dan dedikasi talenta mereka, melacak proses bisnis mereka, serta berani membuat tujuan yang ambisius dan menantang.

iSDM Consulting akan bekerja sama dengan Anda untuk mengidentifikasi dan mengembangkan model dan sistem manajemen Kinerja serta pengukuran yang tepat yang akan menyatukan Visi, Misi, Nilai dan Rencana Strategis Perusahaan dengan kemampuan dan aspirasi karir karyawan.

Produk dari analisis jabatan merupakan dokumen yang krusial dalam pengelolaan manajemen SDM organisasi dan pengembangan organisasi ke depan. Melalui analisis jabatan, organisasi mendapatkan pemahaman tentang apa tugas penting dari sebuah jabatan, bagaimana tugas-tugas tersebut dilaksanakan, dan kualitas manusia yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sukses.

Dengan analisis beban kerja, organisasi dapat memprediksi kebutuhan man power dan merencanakan pekerjaan masa depan dan persyaratan keterampilan berdasarkan data historis. Setelah baseline beban kerja telah ditetapkan dengan menggunakan data kinerja masa, penyesuaian lalu dibuat untuk antisipasi perubahan dalam permintaan atau faktor lain yang berdampak pada ruang lingkup proyek atau unit kerja.

Data dan teknologi berada di garis depan transformasi digital dalam setiap proses bisnis. Sejalan dengan begitu banyak organisasi yang melakukan perubahan proses kunci serta memasukkan data dan teknologi ke dalam praktik pengelolaan SDM mereka, muncul banyak peluang baru yang mendorong penggunaan data karyawan lebih optimal untuk dapat lebih memahami, mengambil keputusan lebih baik dan mengembangkan inisiatif lebih baik dalam pengelolaan SDM.

Manajemen membutuhkan opini dan umpan balik dari karyawan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan perlu melakukan survei yang dapat memberi manajemen tentang wawasan yang diperlukan untuk mengubah kondisi organisasi menuju peningkatan produktivitas dan keterlibatan karyawan. Penyusunan metodologi survey dan kalkulasi hasil survey yang kurang optimal dapat memberikan informasi yang kurang optimal bahkan menyesatkan bagi manajemen.

HR Workshop

Sebagai praktisi HRD, kami memahami perasaan ditarik ke berbagai arah saat mengelola SDM organisasi tanpa dibekali alat bantu yang memadai. Kami siap memfasilitasi workshop yang akan membantu praktisi HRD mengatasi masalah ini secara langsung dan memperkuat kekuatan yang sesungguhnya sudah Anda miliki: kompetensi profesi manajemen SDM.

Outline:
  • Scope of Job Analysis, Evaluation and Grading
  • Stages and Methodology of Task Analysis
  • Stages and Methodology of Job Information Mapping
  • Principles of Job Description Writing
  • Principles of Job Specification Writing
  • Stages and Methodology for Defining Compensable Factor
  • Stages and Methodology of Job Weighting and Scoring
  • Principles of Position Structure
  • Principles of Job Classification/Grading
  • Simulation and use of strategic tools in Job Analysis, Evaluation and Grading
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Training Need Analysis, Design and Evaluation
  • Principles of Training Need Analysis, Design and Evaluation
  • Important factors in Training Need Analysis, Design and Evaluation
  • Data sources of Training Need Analysis
  • Methodology Variations of Training Need Analysis, Design and Evaluation
  • Stages of Training Need Analysis, Design and Evaluation
  • Simulation and use of strategic tools in Training Need Analysis, Design and Evaluation
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Workload Analysis and Man Power Planning
  • Stages and Methodology of Business Process Analysis
  • Stages and Methodology of Role and Position Mapping
  • Methodology Variations of Workload Analysis
  • Principles of Standard Performance, Workload and Effective Working Time
  • Working on Calculating Full Time Equivalent
  • Principles of Degree of Over/Under Load and Follow Up
  • Context and Relations of Man Power Planning with other Corporate Planning
  • Principles and Procedure of Man Power Planning
  • Simulation and use of strategic tools in Workload Analysis and Man Power Planning
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Talent and Succession Management
  • Principles of Talent and Succession Management
  • Stages and Methodology of Competency Assessment
  • Stages and Methodology of Human Asset Value (HAV) Mapping
  • Stages and Methodology of Replacement Charting
  • Principles of Carer Path Mapping
  • Stages and Methodology of Talent Career Planning
  • Principles of Talent Development
  • Stages and Methodology of Talent Development Planning
  • Tactics and Strategy of Talent Retention
  • Simulation and use of strategic tools in Talent and Succession Management
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Key Performance Indicator
  • Context of KPI and Performance Management Framework
  • Principles of Key Result Area (KRA)
  • Principles of Objectives
  • Principles of Performance Indicator and Measurement
  • Determinant Factors of Key Performance Indicator
  • Stages and Methodology of KPI Cascading
  • Stages and Methodology of KPI Weighting and Scoring
  • Simulation and use of strategic tools in KPI
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Objective and Key Results (OKRs)
  • Context and History of OKRs
  • Differences Between OKRs vs KPI, OGSM, 4DX, BSC
  • Implementation Level of OKRs
  • Stages of OKRs Implementation
  • Principles of Creating “Objectives”
  • Principles of Creating “Key Results”
  • Metric Types of OKRs
  • Stages and Methodology of OKRs Weighting and Scoring
  • Methodology of OKRs Review and Monitor
  • Creating OKRs Dashboard
  • Simulation and use of strategic tools in KPI
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Training Delivery
  • Principle of Adult Learning and Accelerated Learning
  • Methodology and Tools in Training Delivery
  • Context and Importance of Energizer
  • Implement Stages of Storytelling in Training
  • Types of Training Delivery Style
  • Techniques of Positioning in the Classroom
  • Techniques for Delivering Learning Content
  • Techniques for Responding To Participants
  • Techniques to Facilitate Discussion
  • Techniques to Maintain Training Rythm and Tension
  • Techniques and Importance for Questioning
  • Techniques for Dealing with Difficult Participants
  • Technique of Summarizing Training Material
  • Techniques to Make Participants Absorb Optimally
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Behavioral Event Interview (BEI)
  • Principle of BEI
  • Methodology and Stages of BEI
  • STAR (Situation,Task, Action, Result) Techniques in BEI
  • Techniques for Communication during Interview
  • Techniques of Questioning
  • Techniques of Probing
  • Techniques to Listen
  • Techniques to Observe
  • Tools, Strategy and Techniques in Recording
  • Tips for Be a Better BEI Interviewer
Proposal Request
Outline:
  • Scope of HRM for Non HR Positions
  • Context and Cycle of HRM for Non HR Positions
  • Every Manager is HR Manager
  • Leaders and Managers as Agent of Change
  • Leaders and Managers as Productivity Enabler/li>
  • Leaders and Managers as Mentor and Coach
  • Leaders and Managers as HR Strategic Partner
  • KPIs of Leaders and Managers in Employee Recruitment
  • KPIs of Leaders and Managers in Employee Boarding
  • KPIs of Leaders and Managers in Employee Development
  • KPIs of Leaders and Managers in Industrial Relations
  • KPIs of Leaders and Managers in Reward and Compensation
  • Simulation and use of HR strategic tools for Non HR Leaders
Proposal Request

Training

Beberapa penelitian menunjukan, pemimpin organisasi atau profesional yang sukses adalah para individu yang secara rutin mengembangkan kualitas soft-skill mereka. Program training kami menyediakan pengalaman yang menstimulasi penguasaan lebih dalam keterampilan soft-skill yang relevan dan sesuai kondisi unik Anda.

Outline:
  • Scope of Problem and Decision Analysis
  • Stages of Situation Appraisal
  • Context of Problem
  • Methodology and Stages of Problem Analysis
  • Problem Root Cause Mapping
  • Prediction of Most Possible Root Cause
  • Verification of Most Possible Root Cause
  • Context of Decision
  • Methodology and Stages of Decision Analysis
  • Methodology and Stages of Decision Analysis
  • Creativity in Developing Alternative solutions
  • Develop Decision Criterion and Priority
  • Anticipate the Consequences of Choice
  • Simulation on Problem and Decision Analysis
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Negotiation
  • Principles of Negotiation
  • Benefit and Context of Goals in Negotiation
  • Context of Zone of Possible Agreement (ZOPA)
  • Context of Best Alternative to a Negotiated Agreement (BATNA)
  • Stages and Methodology of Negotiation
  • Estimate ZOPA and BATNA
  • Analyze Elements of ZOPA and BATNA
  • Validate ZOPA and BATNA
  • Structure Joint Values for Deals
  • Creating Multiple Equal Offers Presentation
  • Divide Joint Values
  • Negotiation Tactics
  • Overcoming Obstacles in Negotiations
  • Simulation on Negotiation through Serious Games
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Coaching
  • Necessary Skills for Coaching
  • Methodology of Coaching
  • Process of F*GROW Coaching Model
  • Types and Tactics of Feedback
  • Context of Goal Setting
  • Principles of Goal Setting
  • Questions Asked during Goal Setting
  • Context of Reality Checking
  • Principles of Reality Checking
  • Questions Asked during Reality Checking
  • Context of Develop Options and Anticipate Obstacle
  • Principles of Develop Options and Anticipate Obstacle
  • Questions Asked during Develop Options and Anticipate Obstacle
  • Context of Way Forward Phase
  • Principles of Way Forward Phase
  • Questions Asked during Way Forward Phase
  • Follow Up after Coaching
  • Simulation on Coaching through Serious Games
Proposal Request
Outline:
  • Context of Situational Leadership
  • Situational Leadership: Fred Fiedler Model
  • Situational Leadership Orientation
  • Situational Variables Mapping
  • Context of Leader-Member Relations
  • Context of Leader’s Task Structure
  • Context of Leader’s Position Power
  • Strategy in Each Combination of Variables
  • Situational Leadership: Ken Blanchard Model
  • Measuring the Level of Readiness of Subordinates
  • Situational Leadership Style
  • Context of Coaching and Directing
  • Context Delegating and Supporting
  • Measuring Groups and Gaining Understanding of Groups
  • Build Interaction Styles for Each Stage
  • Simulation on Situational Leadership through Serious Games
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Conflict Management
  • Principles of Conflict Management
  • Common Ways of Dealing with Conflicts
  • Conflict Management Styles
  • Factors Affecting Conflict
  • Conflict Behavior Matrix with Level Conditions
  • Conflict Behavior Matrix with Process of Goal Setting
  • Methodology and Stages of Conflict Management
  • Conflict Resolution As a Conflict Parties
  • Conflict Resolution As a Mediator
  • Conflict Resolution As an Observer
  • Simulation on Conflict Management through Serious Games
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Team Development
  • Principles of Team Development
  • Four Team Player Types
  • Element of Team Development
  • Stages of Team Development
  • Context of Forming Stage
  • Context of Storming Stage
  • Context of Norming Stage
  • Context of Performing Stage
  • Context of Adjourning Stage
  • Team Development As a Leader
  • Team Development As a Member
  • Five Behaviors of Cohesive Team
  • Simulation on Team Development through Serious Games
Proposal Request
Outline:
  • Scope of Business Presentation
  • Principles of Business Presentation
  • Techniques and Methodology of Business Presentation
  • Principles of Storytelling
  • Storytelling Techniques
  • Type of Storytelling
  • The Stagecraft of Storytelling
  • Context of Plot in Presentation
  • Context of Character in Presentation
  • Context of Arc in Presentation
  • Context of Point of View in Presentation
  • Context of Setting in Presentation
  • Context of Theme in Presentation
  • Integrating Storytelling into Presentation
Proposal Request
  • Scope of Organizational Communication
  • Scope of Organizational Persuasion
  • Scope of Organizational Savvy
  • Stages of Organizational Savvy
  • Mapping the Influence Territory
  • Charting a Communication and Persuasion Strategy
  • Ethical and Systematic Way to Influence Team and Organization
  • Building Communication Momentum
  • Customizing Attempts at Persuasion
  • Handling Obstacle in Communication
  • Handling Obstacle in Persuasion
  • Countering Unethical Influence and Persuasion
Proposal Request
Outline:
  • Questioning and Critical Thinking
  • Magic of Questioning
  • Scope of Strategic Questioning Skill
  • Principle of Strategic Questioning Skill
  • Type of Questioning
  • Context of 5W+1H
  • The Strategic Questioning Process
  • Context of Focus Questions
  • Context of Observation Questions
  • Context of Analysis Questions
  • Context of Feeling Questions
  • Context of Visioning Questions
  • Context of Change Questions
  • Context of Consideration Questions
  • Context of Obstacle Questions
  • Context of Support Questions
  • Context of Action Questions
  • Application of Questioning Skill in Life and Job
Proposal Request
Team Cohesion Building (CGB) is an assessment-based and facilitated learning experience that helps individuals and teams reveal what it takes to build a truly cohesive and effective team in the most approachable, competent, and effective way possible. Proposal Request

Assessment

Metode dan mekanisme asesmen kami mengurangi resiko organisasi Anda dalam proses rekrutmen, team development, dan penempatan serta promosi karyawan sekaligus memaksimalkan efektivitas organisasi Anda

Assessment center adalah salah satu metodologi yang umum digunakan dalam pengukuran kompetensi karyawan dalam organisasi. Hasil assessment center dapat digunakan untuk pemilihan kandidat untuk suatu pekerjaan, membantu menentukan karyawan mana yang memiliki potensi untuk dipromosikan ke posisi manajemen atau pengembangan kompetensi karyawan. Metodologi yang kurang tepat, pemilihan alat yang tidak relevan dan penggunaan assessor dengan pengalaman terbatas dapat berdampak pada hasil pemetaan kompetensi yang kurang optimal bahkan memberikan dampak negatif.

Psikotes adalah administrasi tes psikologi yang komprehensif. Sebuah tes psikologi adalah “ukuran objektif dan pengukuran yang terstandarisasi dari sampel perilaku”. Psikotes merupakan salah satu alat yang krusial untuk menyeleksi pelamar kerja atau karyawan serta dalam memberikan konseling atau pelatihan pengembangan karir.

Dari semua alat ukur yang tersedia di pasar untuk menilai sikap, motivasi dan keterampilan perilaku, salah satu yang paling konsisten mencapai akurasi prediksi yang tinggi untuk produktivitas selain juga dapat memprediksi tingkat integritas atau konsistensi kandidat adalah Suitability Assessment.

Telepon

+62 21 8493 0463

WhatsApp

+62 838 0420 3705

Translate »